Heyhooo πŸ™‚

Ada saja alasan bagus untuk kembali sibuk di dapur bersama wajan, pisau, talenan, dan bumbu-bumbu. Kali ini alasannya adalah stock beras yang tak kunjung habis :-p Well, 5kg beras organik di dapurku masih saja belon habis padahal belinya dari akhir Mei πŸ˜€ Bukan lagi on diet, tetapi kemaren-kemaren emang lagi rempong dan malas tingkat dewa untuk memasak. Nah daripada berasnya jadi jelek, mari kita kembali memasak & membawa bekal makanan rumahan ke kantor. Sekalian mendepak jauh-jauh rasa malas :-p

Selesai dengan rutinitas ibadah pagi, beberes rumah dan cucian, lalu melangkah ke arah kulkas. Uhmm… mau masak apa ya? Klo dilihat dari aturan first in first out kulkas ini maka sayuran bunga bawang mendapat kehormatan untuk diolah tadi pagi. FYI, sayur bunga bawang ini adalah sayuran favoritku, bentuknya seperti batang panjang berwarna hijau dengan kuncup bunga bawang di ujungnya. Entah nama resminya apa, tetapi mama dan aku sepakat menyebut sayur favoritku itu “bunga bawang”. Tiap pulang ke Padang pasti mama bikin tumisan sayuran ini. Uhmm.. nanti pulang liburan lebaran gantian aku yang pamer tumisan bunga bawang hasil modifikasiku ini πŸ˜‰

Jadi recipe yang ga sengaja aku invented tadi pagi itu sebenernya hasil campur-campur berbagai bahan dan bumbu dasar saja, dengan takaran sekenanya, feeling aja πŸ™‚ Owh let me remind you that i didn’t measure any amount of the inggredients used in this recipe. Just use your feeling and sense, in the end you will taste a nice recipe. Well, it’s really is depend on how good your sense of spices is haha πŸ˜€

Here it is!

Bahan:

  1. Sekitar 1-2 ons udang dikupas bersih
  2. 1 tahu yun yi putih potong dadu sedang
  3. satu ikat sayur daun bawang, potong-potong panjang 2cm
  4. 1 pack jamur tiram segar, cincang kasar (tear it with ur finger, no need to use knife)
  5. 6 bh cabe hijau, iris-iris 0,5cm
  6. 2 siung bawang merah, iris tipis
  7. 1 siung bawang putih, iris tipis
  8. 1 ruas bawang daun diiris tipis
  9. oyster sauce or saus tiram
  10. garam
  11. minyak goreng, sedikit aja untuk menumis

Cara masaknya (simple sekali, biasalaaa, yang bikin resep juga masih pemula hehe) :

  1. tumis irisan bawang merah & bawang putih sampai wangi
  2. masukkan irisan cabe hijau, tumis sampai wangi (dan bikin bersin hehe πŸ˜€
  3. tambahkan irisan bawang daun, tumis lagi sebentar
  4. masukkan udang dan tahu bersamaan
  5. tambahkan garam secukupnya, aduk rata
  6. terus tambahkan saus tiram secukupnya, aduk rata.
  7. masukkan sayurannya
  8. Nah, klo udang nya sudah mulai berubah warna kemerahan, baru deh tambahin sedikit air untuk kuahnya πŸ™‚ sedikit aja untuk membantu agar sayurannya jadi empuk. Owyaa, klo pingin kuahnya agak kental, tambahin sedikit air larutan tepung maizena
  9. biarkan beberapa menit sampai matang, selesai dehhh πŸ™‚

Gampang kan ? Enak loh, udah gitu ringkes coz ga perlu memasak terpisah antara lauk dan sayuran hehe (dasar koki malas :-p ). Lumayan niy bisa masak cepet buat buka puasa sepulang dari kantor.

Sedikit mengenai saus tiram or oyster sauce, dulu waktu di Rotterdam, tiap kali memasak, i rarely taste my recipe while cooking. I had my “assistant” or let’s say my quality control did it for me πŸ™‚ Nah quality control ku itu, namanya mbak Pipi si kaus kaki panjang ( πŸ˜€ ) setiap kali bikin tumisan suka menambahkan sedikit saus tiram ke dalam masakannya. She said “oyster sauce can fix the taste” πŸ˜‰ Pssttt! she asked me to mention her name on this writing πŸ˜‰ I’ll put her photo as well haha πŸ˜€

aq & mbak pipi lagi di dapur apartemen qta, ini abis jadi koki pesta baso di musim salju πŸ˜€

And it does! It works that way, the oyster sauce can add flavour that blended perfectly with your recipe (whewww bahasaku!). It fixes taste πŸ™‚

Owyaa, whatever you stored in your fridge, whatever spices you had, just mix them happily! Follow your feeling, keep trying untill you find the perfect amount of spices that taste better on your recipe πŸ™‚

Have a pleasant experiment in the kitchen!

I gtg back to work now :-p

Advertisements