Life is like a roller coaster they say, everything could change in one  blink.

14 Mei 2017

adalah pertama kali saya dipertemukan dengan keluarga suami. Seminggu kemudian, saya dilamar dengan proses yang amat sangat sederhana: by phone ☺️ Bener-bener tidak ada prosesi dan tanpa protokoler, he asked me from my parents on a phone call. Simple just like that. Bahkan ngga ada pertemuan ortu dulu sebelum pernikahan hehe… i know it seems a bit extraordinary, but nonetheless he is my husband now and pretty soon insha allah will be the father of our future kids. So, why bother with the so ordinary way of proposal πŸ˜‰

14 Juli 2017

adalah hari dimana beliau mengambil alih tanggungjawab papa dengan menikahi saya. Hanya sekitar 2 bulan kami mempersiapkan segala sesuatu untuk pernikahan kami. Dalam tenggang waktu yang super singkat itu saya yang agak-agak OCD ini terpaksa berdamai dengan “cacat-cacat” persiapan pernikahan hehe… Akhirnya bener-bener harus masa bodo jika ada satu dua hal yang tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan. Oiya, Selasa, 11 Juli 2017, kakek saya berpulang ke Illahi Rabb. Sore itu semua persiapan pernikahan dihentikan, kami sekeluarga berduka 😦 Rabu, 12 Juli, kami menyelenggarakan jenazah kakek yang kami panggil Gaek dan mengantarkannya ke peristirahatan terakhir beliau. Kontras sekali rasanya… di rumah kami bersiap dengan dekorasi warna merah-gold menyambut pernikahan saya, sementara di rumah sebelah, kami bersiap dengan dekorasi hitam-gold untuk menyelenggarakan jenazah Gaek. Kamis, 13Juli, kami kembali berkutat extra cepat dengan persiapan pernikahan saya. Dan hari itu untuk pertama kalinya setelah 14 Mei 2017, saya kembali bertemu dengan (calon) suami saya beserta keluarga nya di Bandara Internasional Minangkabau. Dari bandara kami langsung menuju KUA untuk melaksanakan sidang pra nikah. 14-15 Juli were one of most beautiful days in our lives πŸ™‚ Akhirnya sah. Putus nyambung berkali-kalis elama 5 tahun belakangan akhirnya berlabuh pada pernikahan.


5 Agustus 2017

Kami mulai mendeteksi adanya kehadiran hal baru dalam pernikahan kami. Sabtu malam menjelang dini hari, suami saya tiba-tiba membangunkan saya karena suhu badan saya yang mendadak panas. Malam itu saya dipaksa minum susu bear brand yang beliau ambil dari lemari es. Saya menolak karena saya merasa biasa-biasa saja, ngga demam atau apa pun. Ehhh si Bapak juga kekeuh hehe… That day i also started missing  period! And that made me googling about body bassal temperature which will normally goes up following an ovulation where egg got fertilized! Dan suhu bassal saya memang meningkat around 36.4-37 celcius.

7 Agustus 2017

Pak Suami mulai nervous, saya juga hehe.. Beliau bolak balik menanyakan apakah si period itu datang atau ngga. I told him everything is clean, though i felt somehow like i was about to get my period. Tangan saya biru memar seperti biasanya menjelang period. Perut kram ngilu ga jelas. Ngantuk melulu, lemes dan gampang capek, serta malesssss hihi πŸ˜€ malemnya karena masih clean, saya watsapp pak suami, minta beliau pulang besoknya dengan membawa testpack πŸ˜‰ Tadinya kami baru berencana testpack pada jumat 11 Agustus karena si period supposed to be on from 5-10August! but curiousity kills the cat yaaa :-p plus he said i might be pregnant coz he detects some changes in me πŸ™‚

9 Agustus 2017

Very early in the morning, perhaps around 2.00 pm, i woke up and asked my husband to help me with the testpack! hihi penasaran bener-bener sampai ga bisa tidur nyenyak πŸ˜€ So, we did the testpack. Deg-deg-an nunggu si indikator testpack berubah..dan ternyata cuma keluar satu garis… huhuuu saya spontan bilang ke suami “sorry, anda belum beruntung” ehh ini si bapak yakinnya pake banget, dia cuma senyum, terus kita tetap menatap ke si testpack.. dan lalu muncul lah satu garis lagi.. samar tapinya πŸ™‚

10 Agustus 2017

pagi-pagi sekali saya kembali terbangun, penasaran bener bener apakah saya bener-bener hamil atau ngga. Saya ambil satu testpack lagi dan berlalu ke kamar mandi. Nervous, mana pak suami udah balik ke bandung sore sebelumnya. Testpack kedua saking nervous nya malah kebanyakan netesin sampel urin nya hihi… lamaaaa banget keluar reaksi garis nya 😦 daaann, teteup keluarnya dua garis, alhamdulillah. Tapinya saya masih ngga yakin, malemnya telpon pak suami, janjian untuk keteu di Bandung di hari Jumat karena kebeneran saya harus hadir acara forum 300 Doktor Jawa Barat di Gedung Sate, saya minta lagi tu pak Suami beliin testpack lainnya, yang beda merek. Saking ini ya takut false hope, takut di-PHP doang huhu…


Oiyaa, dari hasil testpack yang pertama saya iseng install beberapa aplikasi tentang pregnancy (Baby Center app, pregnancy+ app), ngebantu banget sih ngasih gambaran seperti apa awal-awal kehamilan itu. Plus ada due date calculator nya gitu lah.. tapi kita berdua kompak bingung ketika dua aplikasi ini menyatakan bahwa our pregnancy is already 4 weeks! Kan agak gimana gitu yaaa, pas hari pernikahan dan hari resepsi 14-15 Juli lalu kan saya masih menstruasi! knapa bisa umur kehamilannya udah 4 minggu aja? baca lagi baca lagi ternyata dua aplikasi ini menghitung usia kehamilan dari tanggal hari pertama mens terakhir (my last period was 10-16 Juli, jadi dihitungnya dari tanggal 10 Juli) ! tapi teteup aneh aja buat kita yang menikahnya saja baru 14-15 juli hihi πŸ˜€

oiyaa, klo utk mencatat siklus period saya pakai applikasi my calendar, dari jaman abis operasi 3 tahun lalu saya rutin nyatet segala macem tanggal n symptoms period saya di aplikasi ini. and it helps lohh, buat nentuin tanggal perkiraan ovulasi πŸ˜‰  ini udah ngeset itinerary buat jadwal ovulasi bulan depan hihi, ternyata keduluan hamil, ya alhamdulillahhh.. jadi next week kita baby moon deh insya allah πŸ™‚

11 Agustus 2017

Kita ngedate di bandung ! pak Suami ngejemput saya ke Gedung Sate. BTW, ini beliau udah posesif sangat yaa sama si calon bayik πŸ™‚ bentar-bentar nanya “(bayinya) aman, sayang ?” hihi πŸ™‚

12 Agustus 2017

pagi-pagi banget niy calon orangtua dua ini langsung testpack lagi πŸ˜€ pagi itu kita langsung ngetest di dua testpack berbeda merk. Dua test pack itu kita jejerin n kita pantengin bareng.. deg-deg-an lagi. daaannn… alhamdulillah dua-duanya menunjukkan hasil yang sama “positif hamil”

Paginya langsung bikin janji dengan obgyn. Sempet beda pendapat juga, kata pak suami nanti aja ke obgyn nya pas udah 7-8 minggu (based on the apps calculation), saya nya ngga mau. Pokoknya kekeuh pengen diperiksa dokter hari itu juga. Pak suami ini sebenernya penasaran juga, tapi dia kuatir banget dengan prosedur pemeriksaan kehamilan di awal-awal kehamilan : USG transvaginal !

sehari sebelumnya kita udah diskusi dulu soal pilih dokter yang mana, apa beliau nyaman n ga masalah ketika saya harus diperiksa oleh obgyn yg laki-laki (karena obgyn yang ini yang tau riwayat kesehatan saya sejak dioperasi dulu) atau kita ke obgyn yang perempuan saja, obgyn mana yang lebih senior n pro lahiran normal (yep, we think abou that too! kinda berharap bangeeet sama bayi ini hehe). Akhirnya deal ke obgyn yg mengoperasi saya dulu saja. Nah loh tapinya beliau teteup keberatan klo saya harus melalui prosedur usg transv. I told him, thats allrite, smua perempuan yang hamil-melahirkan pasti someday harus menjalani prosedur itu. *pura-pura biasa aja padahal ketar ketir juga wkwkwkwk*

Sebenernya yang bikin saya maksa pinggin langsung cek up ke obgyn itu ya karena saya punya riwayat kista n endometriosis, cuma punya satu ovary. Saya sempet nemu artikel yang bilang klo kadar HCG pada penderita kista juga bisa tinggi, sementara si testpack ini kan pake indikator kadar HCG dlm urin! kan sedih yaaa klo kejadian lg ada kista 😦 plus, i got a very bad skin rash !! asa pengen nangissss ini kulit kaki gatel bangeet sampai warnanya pink banget ! I got hereditary atopic dermatitis.. nah kemaren-kemaren kambuhnya itu klo stress :-p nah seminggu belakangan si skin rash parahnya ampun-ampunan, dan lalu inget adek saya yang dermatitis atopic nya muncul parah setiap kali hamil ! makin curiga n penasaran lah saya… Bilang ke pak suami “kaki aku jadi jelek banget kayak jorok gini huhuuu :(” and he said “doesnt matter, kan lagi hamil”.. antara kesel n seneng dia paham perubahan-perubahan yang bakal bikin saya mungkin jadi makin menggendatzzzz kumel n lusuh :-p

The BIG news!

sore hari kita jadi ke praktek obgyn dokter Ismu. Pertama kali di-usg abdomen dulu.. saya yang sudah akrab bersahabat dengan alat usg abdomen sejak 3 tahun lalu langsung kecewa begitu lihat rahimnya bersih 😦 Dalam hati sempet bergumam “tuhh kan, false hope doang huhu 😦 “.

Eh terus pak Suami yang mendampingi disuruh ke ruangan sebelah oleh dokter Ismu. Langsung curiga… pasti ini harus usg transv deh… bener aja… dan saya mulai takut, ketar ketir 😦 Eh ternyata ga sakit yang gimana-gimana, cuma perut bawah aja terasa agak kemeng n tegang dikit. dan lalu pak Suami dipanggil lagi ke ruangan periksa oleh dokternya untuk lihat monitor USG nya.


We both got mesmerized when our obgyn said “ini loh pak, anak Bapak!”. Nothing can beat the feeling…. Di monitor terlihat satu blastocyst super mungil seukuran poppy seed yang mulai mengisi kantung rahim mommy nya *mewek*.

Doctor said it is 3 weeks old (nah ini baru paham, beliau ngitung usia kehamilannya dari tanggal ovulasi saya hehe).

Makin pengen mewek itu pas dokter ismu ngebolak-balik status pasien n rekam medik saya. Beliau memberondong kami dengan pertanyaan “nikahnya tanggal berapa?”, “mens terakhirnya kapan?”. terus beliau mengucap selamat dan bilang “syukur alhamdulillah langsung hamil. jarang sekali pasien endometriosis yang bisa langsung hamil. ponakan saya, endometriosis juga, sudah lima tahun menikah tapi belum bisa hamil”. Apalagi saya ngga cuma endometriosis, tapi juga hanya punya satu ovarium…

Nyampe rumah, magribnya kami sibuk tenggelam dengan doa masing-masing.. dengan al qur’an masing-masing. saya nangis… nangis karena nyesel sempet kufur nikmat, malu karena sempet ga percaya dengan takdir baik di balik musibah yang ditimpakan kepada saya tiga tahun lalu, nyesel karena sempet meragukan maksud n hikmah dari diambilnya satu ovarium saya secara tiba-tiba 3 tahun lalu, malu karena pernah suudzon dan marah sekali dengan ketetapan Allah untuk saya.

*******

Fabi-Ayyi Ala-I-Rabbikuma Tukazziban. Fainnama’al usri yusro, Innama’al usri yusro…

Assalamualaikum, dear baby.

You are now still that petite poppy seed growing inside mommy, but you got to know that mommy and daddy are longing to see you and so ready to raise you with abundant of love. Please baby, grow perfectly, happily, and healthily…

 

 

 

 

 

 

